Jumat, 21 Mei 2010

Mengenal Inovasi Pendidikan

Secara etimologis, inovasi berasal dari bahasa latin “innovo” yang berarti mengubah atau memperbarui sehingga dalam kata inovasi terkandung makna adanya perubahan atau perbaruan. Perubahan atau perbaruan tersebut tentu saja dilakukan secara sengaja/terencana untuk menuju kearah yang lebih baik (Ihsan, 1997).

Ibrahim (1988) dalam Ihsan (1997) mengatakan bahwa inovasi pendidikan adalah inovasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan atau inovasi yang ditujukan untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan.

Kenapa dunia pendidikan Indonesia memerlukan inovasi? Setidaknya ada 5 alasan kenapa inovasi pendidikan perlu dilakukan (Ihsan, 1997):
1. Terjadi perkembangan ilmu pengetahuan yang mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan budaya di Indonesia.
2. Pertumbuhan penduduk yang menyebabkan daya tampung dan fasilitas yang ada tidak mampu memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat.
3. Kesadaran masyarakat untuk memperoleh pendidikan meningkat sedangkan kesempatan masih kurang.
4. Mutu pendidikan dianggap makin menurun.
5. Belum berfungsinya kelembagaan secara efektif dan belum tumbuhnya suasana dalam masyarakat untuk mengadakan perubahan-perubahan sesuai tuntutan jaman.

Daftar Pustaka
Ihsan, Fuad. 1997. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar